Titik Temu Agama & Ilmu Pengetahuan

Ilmu Pengetahuan & Agama

Ilmu pengetahuan adalah ilmu pasti, sesuatu yang diketahui bukan sebatas diyakini atau dipercayai. Ilmu pengetahuan adalah sesuatu yang ilmiah, dan bisa masuk dalam alam logika. Contoh sesuatu yang diketahui adalah hal yang berupa fakta, atau kebenaran yang absolut, misalkan satu hari adalah 24 jam, 1 minggu ada 7 hari, dll. Hal ini semua tak perlu diyakini atau dipercaya, tapi diketahui. ‘Tau’ bukan ‘yakin’.

Sementara berbicara tentang agama, kita hanya bisa berbicara sebatas iman (keyakinan tanpa melihat). Dimana kita harus yakin pada sesuatu yang tidak kita alami sendiri, karena agama memang dibuat untuk menggugah rasa, bukan logika. Pengendalian yang tercipta dari agama, adalah pengendalian rasa, bukan pengendalian logika.

Titik keseimbangan nya adalah ketika kita bisa belajar agama dan ilmu pengetahuan. Sebagai dua hal yang saling menyeimbangkan, mengatur 2 apek penting dalam diri manusia, yaitu rasa dan logika.

Terlalu berlebihan dalam pembelajaran salah satunya akan berefek tidak baik. Karena hidup adalah kombinasi yin dan yang atau keseimbangan. Berat di logika kita akan tumbuh menjadi robot yang tak peduli sosial. Berat di rasa kita akan tumbuh menjadi budak, karena dapat dengan mudahnya dikendalikan.

Ya, jalan keluarnya hanya keseimbangan. Seimbang antara logika dan rasa. Logika hanya bisa terpicu dengan ilmu pengetahuan. Namun rasa, tidak selalu hanya bisa dikendalikan dengan agama saja. Banyak aspek lain yang bisa mengendalikan rasa. Bahkan pada titik tertentu orang bisa melakukan olah rasa sendiri dengan meditasi, tanpa ada campuran agama.

Yang pasti selain pengendalian rasa, agama juga berperan sebagai petunjuk tentang hidup setelah kematian. Karena hanya agama yang menjelaskan hal itu dengan rinci. Kita semua pasti akan mati. Namun soal apa yang terjadi setelah kematian, semua masih berupa asumsi atau keyakinan.

Dan untuk menemukan titik keseimbangan dua hal ini, memang butuh perjalanan spiritual pribadi. Karena perpaduan antara logika (IQ) dan rasa (EQ) adalah spritual (SQ). Infinity Training adalah solusi terbaik bagi anda yang gelisah dan dilema dalam menyeimbangkan dua hal ini.

~Salam Tak Terhingga _/\_

2 komentar untuk “Titik Temu Agama & Ilmu Pengetahuan”

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *